RPP SD Kelas 2 Tema 4 Aku dan Sekolahku Sub Tema 1 Tugas Tugas Sekolahku Pembelajaran 1

 on Monday, November 10, 2014  

RPP SD Kelas 2 Tema 4 Aku dan Sekolahku Sub Tema 1 Tugas Tugas Sekolahku Pembelajaran 1 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidikan    :    SD Negeri Tambaharjo
Kelas/Semester    :    II (dua) /1 (satu) - Tema/ST/PB    :    4. Aku dan Sekolahku/1. Tugas-Tugas Sekolahku/1 (satu) - Alokasi Waktu    :    1 x pertemuan (5 x 35 menit)

A.    Kempetensi Inti
1.    Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya.
2.    Memiliki perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, santun, peduli, dan percaya diri dalam berinteraksi dengan keluarga, teman, dan guru.
3.    Memahami pengetahuan faktual dengan cara mengamati (mendengar, melihat, membaca) dan menanya berdasarkan rasa ingin tahu tentang dirinya, makhluk ciptaan Tuhan dan kegiatannya, dan benda-benda yang dijumpainya di rumah dan di sekolah.
4.    Menyajikan pengetahuan faktual dalam bahasa yang jelas dan logis, dalam karya yang estetis, dalam gerakan yang mencerminkan anak sehat, dan dalam tindakan yang mencerminkan perilaku anak beriman dan berakhlak mulia.

B.    Kompetensi Dasar dan Indikator

Muatan Matematika
KD:
1.    3.4 Mengenal nilai tukar antar pecahan uang.
2.    4.4 Mendemostrasikan berbagai penukaran uang di depan kelas dengan berbagai kemungkinan jawaban.

Indikator:
1.    3.4.1 Menyebutkan berbagai nilai pecahan uang.
2.    4.4.1 Menunjukkan berbagai nilai pecahan uang.

Muatan Pelajaran PPKn
KD:
1.    3.1 Mengenal simbol-simbol sila Pancasila dalam lambang negara “Garuda Pancasila”.
2.    4.1 Mengamati dan menceritakan perilaku di sekitar rumah dan sekolah dan mengaitkannya dengan pengenalannya terhadap beberapa simbol sila Pancasila.

Indikator:
1.    3.1.1 Menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila pertama Pancasila dalam lambing negara Garuda Pancasila.
2.    4.1.1 Berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari sila pertama Pancasila dalam lambang Negara Garuda Pancasila.

Muatan Pelajaran Bahasa Indonesia
KD:
1.    3.2 Mengenal teks cerita narasi sederhana kegiatan dan bermain di lingkungan dengan bantuan guru atau teman dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu pemahaman.
2.    4.2 Memperagakan teks cerita narasi sederhana tentang kegiatan dan bermain di lingkungan secara mandiri dalam bahasa Indonesia lisan dan tulis yang dapat diisi dengan kosakata bahasa daerah untuk membantu penyajian.

Indikator:
1.    3.2.1 Mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar.
2.    4.2.1 Menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan EYD yang benar.

Muatan Pelajaran SBDP
KD
1.    3.3 Memahami gerak sehari-hari dengan memperhatikan tempo gerak.
2.    4.11 Menirukan gerak bermain, berkebun, bekerja melalui gerak kepala, tangan, kaki, dan badan dengan mengamati secara langsung atau dengan media rekam.

Indikator:
1.    3.3.1 Mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan seharihari.
2.    4.11.1 Menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan berdasarkan pengamatan secara langsung atau media yang lain.

C.    Tujuan Pembelajaran
1.    Dengan mengamati gambar siswa berjejer masuk kelas dan berdoa, siswa dapat mengidentifikasi berbagai kegiatan di lingkungan sekitar dengan teliti.
2.    Dengan mengamati gambar siswa berjejer masuk kelas dan berdoa, siswa dapat mengajukan pertanyaan sesuai gambar dengan percaya diri.
3.    Dengan mengamati gambar siswa berjejer masuk kelas dan berdoa, siswa dapat menunjukkan contoh perilaku di sekolah yang sesuai dengan makna simbol dari sila pertama Pancasila dalam lambang negara Garuda Pancasila dengan teliti.
4.    Dengan mengamati gambar siswa yang berdoa dengan khidmat, siswa dapat berperilaku di sekolah sesuai makna simbol dari sila pertama Pancasila dalam lambang Negara Garuda Pancasila dengan teliti.
5.    Dengan mengamati gambar berbagai pecahan mata uang, siswa dapat menyebutkan berbagai nilai pecahan mata uang dengan teliti.
6.    Dengan mengamati berbagai pecahan mata uang, siswa dapat menunjukkan berbagai nilai pecahan mata uang dengan teliti.
7.    Dengan mengikuti gerakan pada lagu “Di Sini Senang di Sana Senang”, siswa dapat mengidentifikasi berbagai bentuk gerak dalam kehidupan sehari-hari dengan percaya diri.
8.    Dengan mengamati gambar bentuk gerak anggota tubuh, siswa dapat menirukan gerakan bermain melalui gerakan kepala, tangan, kaki, dan badan dengan percaya diri.
9.    Dengan tanya jawab tentang tugas-tugas di kelas, siswa dapat menulis cerita narasi sederhana tentang kegiatan di lingkungan sekitar dengan teliti.

D.    Materi Pembelajaran
1.    Nilai pecahan uang
2.    Pancasila
3.    Berbagai kegiatan di lingkungan sekitar
4.    Berbagai bentuk gerak

E.    Metode Pembelajaran
1.    Metode: penugasan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab
2.    Pendekatan: saintifik (mengamati, menanya, mencoba, menalar, dan mengkomunikasikan)
3.    Model: DL, PBL

F.    Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran
1.    Media:
a.    Gambar berbagai kegiatan di kelas.
b.    Gambar perilaku sesuai simbol sila pertama Pancasila.
c.    Berbagai model pecahan mata uang sampai Rp500..

2.    Alat: -
3.    Sumber belajar:
-    Taufina, dkk. 2014. Buku Siswa Kelas 2 Tema 2 “Bermain di Lingkunganku”. Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 Untuk SD/MI Kelas II. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

G.    Langkah-langkah Pembelajaran

Pendahuluan (10 menit)
1.    Guru mengucapkan salam
2.    Siswa menjawab salam
3.    Meminta salah satu siswa maju untuk memimpin do’a
4.    Salah satu siswa maju memimpin do’a. Guru menuntun siswa untuk mengucapkan kalimat berikut ini:
Teman-teman, sebelum mulai belajar kita berdo’a terlebih dahulu, supaya kita diberi tambahan ilmu dan paham terhadap materi yang kita pelajari. Berdo’a mulai!
5.    Selamat pagi anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini?
6.    Melakukan presensi. Siapa yang tidak masuk hari ini?
7.    Mengaitkan materi pembelajaran yang akan dilaksanakan dengan pembelajaran sebelumnya.
-    Mengapa sebelum mulia belajar kita harus berdo’a?
8.    Tanya jawab tentang hal-hal yang terkait dengan tema hari ini.
-    Siapa yang tahu sila Pancasila ada berapa?
-    Ya bagus, kalau yang pertama bunyinya apa?

Kegiatan Inti (150 menit)

RPP SD Kelas 2 Tema 4 Aku dan Sekolahku Sub Tema 1 Tugas Tugas Sekolahku Pembelajaran 1

1.    • Pada awal pembelajaran, siswa diajak mengamati gambar tentang kegiatan siswa yang sedang berdoa ketika memulai pelajaran dengan teliti (mengamati).
2.    • Guru membimbing siswa untuk mengidentifikasi gambar yang diamati (mengamati).
3.    • Siswa mencoba mengajukan pertanyaan yang dianggap penting untuk membangkitkan rasa ingin tahu siswa (menanya).
4.    • Siswa saling menukarkan pertanyaan yang telah dibuat dan menjawab pertanyaan (mengkomunikasikan).
5.    • Siswa menyampaikan jawaban yang telah dibuat (mengkomunikasikan).
6.    • Siswa yang lain memberikan tanggapan terhadap jawaban yang disampaikan siswa yang tampil (menanya).
7.    • Siswa diajak mengidentifikasi berbagai kegiatan lain yang dilakukan siswa di kelas sebelum kegiatan pembelajaran dimulai (mengkomunikasikan).
8.    • Siswa membaca lancar berjudul “Awal Belajarku” yang diarahkan pada pengamalan sila pertama Pancasila (mengumpulkan informasi).
9.    • Siswa menjawab pertanyaan sesuai isi teks tentang sila pertama Pancasila (mengasosiasikan).
10.    • Siswa mengamati gambar tentang sikap yang sesuai dengan sila pertama Pancasila (mengamati).
11.    • Siswa menjawab pertanyaan tentang gambar yang telah diamati (mengasosiasikan).
12.    • Siswa menjelaskan gambar dengan bahasa sendiri berdasarkan sikap yang pantas dan tidak pantas ditiru (mengkomunikasikan).
13.    • Siswa dibimbing untuk selalu menjalankan perintah agama dengan tekun.
14.    Siswa diarahkan pada pengenalan berbagai pecahan uang (mengasosiasikan).
15.    • Siswa diajak bertanya jawab tentang berbagai pecahan uang yang pernah diamati (menanya dan mengasosiasikan).
16.    • Siswa diajak mengamati gambar berbagai pecahan uang pada buku siswa (mengamati).
17.    • Bertanya jawab tentang pecahan uang yang ada pada buku siswa (menanya).
18.    • Siswa kemudian menyelesaikan soal-soal tentang pecahan uang yang disediakan pada kolom latihan (mengumpulkan informasi).
19.    • Siswa mengoreksi jawaban yang telah dibuat (mengasosiasikan).
20.    • Siswa yang lain memberikan tanggapan terhadap jawaban masing-masing siswa (mengkomunikasikan).
21.    • Siswa menyanyikan lagu “Di Sini Senang di Sana Senang” (mengumpulkan informasi).
22.    • Siswa menyanyikan lagu “Di Sini Senang di Sana Senang” sambil menggerakkan anggota tubuh sesuai nyanyi (mengumpulkan informasi).
23.    • Siswa membaca lancar tentang “Tugas Dayu di Kelas” (mengamati).
24.    • Siswa menyebutkan isi teks tentang “Tugas Dayu di Kelas” (mengkomunikasikan).
25.    Siswa menuliskan tugas-tugas setiap siswa di kelas dan menuliskannya pada kolom yang disediakan (mengkomunikasikan).
26.    • Siswa membacakan hasil tulisannya ke depan kelas (mengkomunikasikan).
27.    • Bertanya jawab tentang meteri pelajaran yang belum dipahami siswa (menanya).
28.    • Guru memberikan penguatan dan penghargaan terhadap prestasi belajar siswa.
29.    • Siswa menyimpulkan pembelajaran dengan bahasa sendiri (mengkomunikasikan).

Penutup (15 menit)
1.    Bersama siswa membuat kesimpulan hasil belajar selama sehari.
2.    Bertanya jawab tentang materi yang telah dipelajari.
3.    Melakukan penilaian.
4.    Mengajak siswa berdo’a bersama.
5.    Guru mengamati sikap siswa dalam berdo’a.
6.    Mengingatkan siswa yang kurang khusuk dalam berdo’a.

H.    Pemilaian Pembelajaran

1.    Penilain Sikap: Percaya diri, Teliti, Satuan

No    Nama Siswa    Perubahan Tingkah Laku
        Cermat    Percaya Diri    Bertanggjawab
        BT    MT    MB    SM    BT    MT    MB    SM    BT    MT    MB    SM
1    Ahmad Mujib                                               
2    Mahmud                                               
3    Azam Fajri                                               
4    Bayu Ramadani                                               
5    Devi Tri Widiastuti                                               
6    Eko Satria                                               
7    Fiddotun Nur Saputri                                               
8    Imam Nur Hidayah                                               
9    Mohamad Rois Fauzi                                               
10    Nadia Citra Nariswari                                               
11    Najwa Putri R.                                               
12    Nurotul Abiansyah                                               
13    Nurul Chayati                                               
14    Pandu Setyo Pambudi                                               
15    Rani Vitasari                                               
16    Retno Widiasih                                               
17    sofa Nazilatul Khusna                                               
18    Umni Ainur Rohmah                                               
19    Zahra Ramadani                                               


2.    Penilaian Pengetahuan
3.    Penilaian Keterampilan


PENGAYAAN
1.    • Guru memberikan soal-soal pemecahan masalah yang lebih bervariasi tentang menunjukkan berbagai pecahan uang dan disajikan dalam pecahan uang yang lebih tinggi.
2.    • Guru memberikan kesempatan kepada siswa mengembangkan cerita narasi yang dibuat ke dalam sebuah buku kecil.
3.    • Guru menugaskan siswa mencari contoh-contoh sikap yang lain di lingkungan sekitar yang menunjukkan perilaku sesuai dengan sila pertama Pancasila.
4.    • Guru menugaskan siswa mengamati permainan yang lain di luar kelas dan menirukan gerakannya dengan berbagai variasi gerakan.


REMEDIAL
1.    • Guru mengulang kembali membahas tentang pemecahan masalah yang menunjukkan berbagai pecahan uang bagi siswa yang belum paham.
2.    • Guru menjelaskan kembali cara menulis cerita narasi bagi siswa yang belum mampu menulis dengan EYD yang tepat.
3.    • Guru mengulas kembali penjelasan tentang perilaku-perilaku yang sesuai dengan sila pertama Pancasila.
4.    • Guru memberikan bimbingan bagi siswa yang sulit menirukan gerakan bermain sehingga dapat meningkatkan gerakan motoriknya dengan baik.

Tambaharjo, ... November 2014
Guru Kelas II

RINOTO

Mengetahui,
Kepala Sekolah

RATIMAN, S.Pd.
NIP. 19620113 198405 1 001
RPP SD Kelas 2 Tema 4 Aku dan Sekolahku Sub Tema 1 Tugas Tugas Sekolahku Pembelajaran 1 4.5 5 Unknown Monday, November 10, 2014 RPP SD Kelas 2 Tema 4 Aku dan Sekolahku Sub Tema 1 Tugas Tugas Sekolahku Pembelajaran 1 - RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN - Satuan Pendidi...


No comments:

Post a Comment

Terima kasih sudah membaca blog saya, silahkan tinggalkan komentar